PEMETAAN PEMBELAJARAN FISIKA
Kelas XI
Tabel 1. Pemetaan Pembelajaran Fisika
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/ Sub Materi Pokok
|
Sumber/
Bahan Ajar
|
Judul
Kegiatan Ilmiah
|
Alat/
Bahan
|
|||||
Tuntutan
|
Observasi
|
Tuntutan
|
Observasi
|
Tuntutan
|
Observasi
|
Tuntutan
|
Observasi
|
Tuntutan
|
Observasi
|
3.1. Menerapkan
konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar
(statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari
4.1. Membuat
karya yang menerapkan konsep titik berat dan keseimbang-an benda tegar
|
Keseimbangan
dan dinamika rotasi:
a. Momen
gaya
b. Momen
inersia
c. Keseimbangan
benda tegar
d. Titik
berat
e. Hukum
kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi
|
a. Buku
pelajaran fisika
b. e-dukasi.net
|
a. Statif
dan klem
b. Beban
gantung
c. Kertas
karton
d. Busur
derajat
e. Mistar
f. Penggaris
berlubang
g. Neraca
pegas
h. Neraca
lengan
|
||||||
3.2. Menganalisis
sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari
4.2. Melakukan
percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan berikut presentasi hasil dan
makna fisisnya
|
Elastisitas
dan Hukum Hooke:
a. Hukum
Hooke
b. Susunan
pegas seri-paralel
|
a. Buku
teks pelajaran fisika
b. Panduan
praktikum Fisika SMA
c. e-dukasi.net
|
a. Statif
b. Beban
gantung
c. Pegas/
karet
d. Mistar
|
||||||
3.3. Menerapkan
hukum-hukum fluida statik dalam kehidupan sehari-hari.
4.3. Merencanakan
dan melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statis, berikut
presentasi hasil dan makna fisisnya
|
Fluida
statik:
a. Hukum
utama hidrostatis
b. Tekanan
Hidrostatis
c. Hukum
Pascal
d. Hukum
Archimedes
e. Meniskus
f. Gejala
kapilaritas
g. Viskositas
dan Hukum Stokes
|
a. Buku
teks pelajaran Fisika
b. Panduan
praktikum Fisika SMA
c. e-dukasi.net
|
a. Tangki
air atau ember dan hidrometer
b. Bejana
berhubungan
c. Balon
karet dalam botol minuman (simulasi kapal selam)
|
||||||
3.4. Menerapkan
prinsip fluida dinamik dalam teknologi
4.4. Membuat
dan menguji proyek sederhana yang menerapkan prinsip dinamika fluida,
dan makna fisisnya
|
Fluida
Dinamik:
a. Fluida
ideal
b. Azas
kontinuitas
c. Azas
Bernoulli
d. Penerapan
Azas Kontinuitas dan Bernouli dalam Kehidupan
|
a. Buku
teks pelajaran Fisika
b. e-dukasi.net
|
-
|
||||||
3.5. Menganalisis
pengaruh kalor dan perpindahan kalor yang meliputi karakteristik termal suatu
bahan, kapasitas, dan konduktivitas kalor pada kehidupan sehari-hari
4.5. Merencanakan
dan melakukan percobaan tentang karakteristik termal suatu
bahan, terutama terkait dengan kapasitas dan konduktivitas kalor, beserta
presentasi hasil dan makna fisisnya
|
Suhu,
Kalor dan Perpindahan Kalor:
a. Suhu
dan pemuaian
b. Hubungan
kalor dengan suhu benda dan wujudnya
c. Azas
Black
d. Perpindahan
kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
|
a. Buku
teks pelajaran Fisika
b. Panduan
praktikum Fisika SMA
c. e-dukasi.net
|
a. Kalorimeter
b. Kubus
logam
c. Termometer
d. Stopwatch
e. Lilin
f. Batang
logam, aluminium, besi, tembaga, dan timah
g. Pemanas
air
|
||||||
3.6. Memahami
teori kinetik gas dan karakteristik gas pada ruang tertutup
4.6. Mempresentasi-kan
laporan hasil pemikiran tentang teori kinetik gas, dan makna fisisnya
|
Teori
Kinetik Gas:
a. Persamaan
keadaan gas ideal
b. Hukum
Boyle-Gay Lussac
c. Teori
kinetik gas ideal
d. Tinjauan
impuls-tumbukan untuk teori kinetik gas
e. Energi
kinetik rata-rata gas
f. Kecepatan
efektif gas
g. Teori
ekipartisi energi dan Energi dalam
|
a. Buku
teks pelajaran Fisika
b. e-dukasi.net
c. Panduan
praktikum Fisika SMA
|
-
|
||||||
3.7. Menganalisis
perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan Hukum Termodinamika
4.7. Membuat
karya/model penerapan Hukum I dan II Termodinamika dan makna fisisnya
|
Hukum
Termodinamika:
a. Hukum
ke Nol
b. Hukum
I Termodinamika
c. Hukum
II Termodinamika
d. Entropi
|
||||||||
3.8. Menganalisis
karakterisitik gelombang mekanik
4.8. Mengajukan
gagasan penyelesaian masalah tentang karakteristik gelombang mekanik misalnya
pada tali
|
Ciri-ciri
gelombang
mekanik:
a. Pemantulan
b. Pembiasan
c. Difraksi
d. Interferensi
|
a. Buku
teks pelajaran Fisika
b. Panduan
praktikum Fisika SMA
c. e-dukasi.net
|
-
|
||||||
3.9. Menganalisis
besaran-besaran fisis gelombang berjalan dan gelombang stasioner pada
berbagai kasus nyata
4.9. Melakukan
percobaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner, beserta presentasi
hasil dan makna fisisnya
|
Gelombang
berjalan dan gelombang
Stasioner:
a. Persamaan
gelombang
b. Besaran-besaran
fisis
|
a. Buku
teks pelajaran Fisika
b. Panduan
praktikum Fisika SMA
c. e-dukasi.net
|
a. Vibrator
b. Katrol
c. Beban
gantung
|
||||||
3.10. Menerapkan
konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
4.10. Melakukan
percobaan tentang gelombang bunyi dan/atau cahaya, berikut presentasi hasil
dan makna fisisnya misalnya sonometer, dan kisi difraksi
|
Gelombang
Bunyi:
a. Karakteristik
gelombang bunyi
b. Cepat
rambat gelombang bunyi
c. Azas
Doppler
d. Fenomena
dawai dan pipa organa
e. Intensitas
dan taraf intensitas
Gelombang
Cahaya:
Spektrum
cahaya
a. Difraksi
b. Interferensi
c. Polarisasi
d. Teknologi
LCD dan LED
|
a. Buku
teks pelajaran Fisika SMA kelas XII
b. Buku
teks pelajaran Fisika SMA / Perguruan Tinggi
c. Panduan
praktikum Fisika SMA
d. e-dukasi.net
|
a. Laser
pinter/ ray box
b. Kisi
atau keping CD yang sudah terpakai
c. Penggaris
|
||||||
3.11. Menganalisis
cara kerja alat optik menggunakan sifat pemantulan dan pembiasan cahaya oleh
cermin dan lensa
4.11. Membuat
karya yang menerapkan prinsip pemantulan dan/atau pembiasan pada cermin dan
lensa
|
Alat-alat
optik:
a. Mata
dan kaca mata
b. Kaca
pembesar (lup)
c. Mikroskop
d. Teropong
e. Kamera
|
a. Buku
teks pelajaran Fisika
b. e-dukasi.net
|
a. Teropong
bintang
b. Mikroskop
|
||||||
3.12. Menganalisis
gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan serta
lingkungan
4.12. Mengajukan
ide/gagasan penyelesaian masalah gejala pemanasan global dan dampaknya bagi
kehidupan serta lingkungan
|
Gejala
pemanasan global:
a. Efek
rumah kaca
b. Emisi
karbon dan perubahan iklim
c. Dampak
pemanasan global, antara lain (seperti mencairnya es di kutub, perubahan
iklim)
Alternatif
solusi:
a. Efisiensi
penggunaan energi
b. Pencarian
sumber-sumber energi alternatif seperti energi nuklir
Hasil
kesepakatan dunia internasional:
a. Intergovernmental
Panel on Climate Change (IPCC)
b. Protokol
Kyoto
c. Asia-Pacific
Partnership on Clean Development and Climate (APPCDC)
|
a. Buku
teks pelajaran Fisika
|
-
|
PUSTAKA
Mendikbud.
(2014). Lampiran II Permendikbud No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum
SMA-MA. Jakarta: Kemendikbud.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar