Jumat, 21 April 2017

PEMETAAN PEMBELAJARAN FISIKA

PEMETAAN PEMBELAJARAN FISIKA














Kelas XI

Tabel 1. Pemetaan Pembelajaran Fisika

Kompetensi Dasar
Materi Pokok/ Sub Materi Pokok
Sumber/ Bahan Ajar
Judul Kegiatan Ilmiah
Alat/ Bahan
Tuntutan
Observasi
Tuntutan
Observasi
Tuntutan
Observasi
Tuntutan
Observasi
Tuntutan
Observasi
3.1. Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari
4.1. Membuat karya yang menerapkan konsep titik berat dan keseimbang-an benda tegar







Keseimbangan dan dinamika rotasi:
a.    Momen gaya
b.    Momen inersia
c.    Keseimbangan benda tegar
d.    Titik berat
e.    Hukum kekekalan momentum sudut pada gerak rotasi
a.    Buku pelajaran fisika
b.    e-dukasi.net
a.    Statif dan klem
b.    Beban gantung
c.    Kertas karton
d.    Busur derajat
e.    Mistar
f.     Penggaris berlubang
g.    Neraca pegas
h.    Neraca lengan
3.2. Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari
4.2. Melakukan percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan berikut presentasi hasil dan makna fisisnya
Elastisitas dan Hukum Hooke:
a.    Hukum Hooke
b.    Susunan pegas seri-paralel
a.    Buku teks pelajaran fisika
b.    Panduan praktikum Fisika SMA
c.    e-dukasi.net
a.    Statif
b.    Beban gantung
c.    Pegas/ karet
d.    Mistar
3.3.  Menerapkan hukum-hukum fluida statik dalam kehidupan sehari-hari.
4.3.  Merencanakan dan melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statis, berikut presentasi hasil dan makna fisisnya
Fluida statik:
a.    Hukum utama hidrostatis
b.    Tekanan Hidrostatis
c.    Hukum Pascal
d.    Hukum Archimedes
e.    Meniskus
f.     Gejala kapilaritas
g.    Viskositas dan Hukum Stokes
a.    Buku teks pelajaran Fisika
b.    Panduan praktikum Fisika SMA
c.    e-dukasi.net
a.    Tangki air atau ember dan hidrometer
b.    Bejana berhubungan
c.    Balon karet dalam botol minuman (simulasi kapal selam)
3.4.  Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi
4.4.  Membuat dan menguji  proyek sederhana yang menerapkan prinsip dinamika fluida, dan makna fisisnya
Fluida Dinamik:
a.    Fluida ideal
b.    Azas kontinuitas
c.    Azas Bernoulli
d.    Penerapan Azas Kontinuitas dan Bernouli dalam Kehidupan
a.    Buku teks pelajaran Fisika
b.    e-dukasi.net
-
3.5.  Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor yang meliputi karakteristik termal suatu bahan, kapasitas, dan konduktivitas kalor pada kehidupan sehari-hari
4.5.  Merencanakan dan melakukan    percobaan tentang karakteristik termal suatu bahan, terutama terkait dengan kapasitas dan konduktivitas kalor, beserta presentasi hasil dan makna fisisnya
Suhu, Kalor dan Perpindahan Kalor:
a.    Suhu dan pemuaian
b.    Hubungan kalor dengan suhu benda dan wujudnya
c.    Azas Black
d.    Perpindahan kalor secara konduksi, konveksi, dan radiasi
a.    Buku teks pelajaran Fisika
b.    Panduan praktikum Fisika SMA
c.    e-dukasi.net
a.    Kalorimeter
b.    Kubus logam
c.    Termometer
d.    Stopwatch
e.    Lilin
f.     Batang logam, aluminium, besi, tembaga, dan timah
g.    Pemanas air
3.6.   Memahami teori kinetik gas dan karakteristik gas pada ruang   tertutup
4.6.  Mempresentasi-kan laporan hasil pemikiran tentang teori kinetik gas, dan makna fisisnya
Teori Kinetik Gas:
a.    Persamaan keadaan gas ideal
b.    Hukum  Boyle-Gay Lussac
c.    Teori kinetik gas ideal
d.    Tinjauan impuls-tumbukan  untuk teori kinetik gas
e.    Energi kinetik rata-rata gas
f.     Kecepatan efektif gas
g.    Teori ekipartisi energi dan Energi dalam
a.    Buku teks pelajaran Fisika
b.    e-dukasi.net
c.    Panduan praktikum Fisika SMA
-
3.7.   Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan Hukum Termodinamika
4.7.   Membuat karya/model penerapan Hukum I dan II Termodinamika dan makna fisisnya
Hukum Termodinamika:
a.    Hukum ke Nol
b.    Hukum I Termodinamika
c.    Hukum II Termodinamika
d.    Entropi
3.8.   Menganalisis karakterisitik gelombang mekanik
4.8.   Mengajukan gagasan penyelesaian masalah tentang karakteristik gelombang mekanik misalnya pada tali
Ciri-ciri gelombang
mekanik:
a.    Pemantulan
b.    Pembiasan
c.    Difraksi
d.    Interferensi
a.    Buku teks pelajaran Fisika
b.    Panduan praktikum Fisika SMA
c.    e-dukasi.net
-
3.9.     Menganalisis besaran-besaran fisis gelombang berjalan dan gelombang stasioner pada berbagai kasus nyata
4.9.     Melakukan percobaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner, beserta presentasi hasil dan makna fisisnya
Gelombang berjalan dan gelombang
Stasioner:
a.    Persamaan gelombang
b.    Besaran-besaran fisis
a.    Buku teks pelajaran Fisika
b.    Panduan praktikum Fisika SMA
c.    e-dukasi.net
a.    Vibrator
b.    Katrol
c.    Beban gantung
3.10.  Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi
4.10.  Melakukan percobaan tentang gelombang bunyi dan/atau cahaya, berikut presentasi hasil dan makna fisisnya misalnya sonometer, dan kisi difraksi
Gelombang Bunyi:
a.    Karakteristik gelombang bunyi
b.    Cepat rambat gelombang bunyi
c.    Azas Doppler
d.    Fenomena dawai dan pipa organa
e.    Intensitas dan taraf intensitas

Gelombang Cahaya:
Spektrum cahaya
a.    Difraksi
b.    Interferensi
c.    Polarisasi
d.    Teknologi LCD dan LED
a.    Buku teks pelajaran Fisika SMA kelas XII
b.    Buku teks pelajaran Fisika SMA / Perguruan Tinggi
c.    Panduan praktikum Fisika SMA
d.    e-dukasi.net
a.    Laser pinter/ ray box
b.    Kisi atau keping CD yang sudah terpakai
c.    Penggaris
3.11.  Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat pemantulan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa
4.11.  Membuat karya yang menerapkan prinsip pemantulan dan/atau pembiasan pada cermin dan lensa
Alat-alat optik:
a.    Mata dan kaca mata
b.    Kaca pembesar (lup)
c.    Mikroskop
d.    Teropong
e.    Kamera
a.    Buku teks pelajaran Fisika
b.    e-dukasi.net
a.    Teropong bintang
b.    Mikroskop
3.12.  Menganalisis gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan   serta lingkungan
4.12.  Mengajukan ide/gagasan penyelesaian masalah gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan serta lingkungan
Gejala pemanasan global:
a.    Efek rumah kaca
b.    Emisi karbon dan perubahan iklim
c.    Dampak pemanasan global, antara lain (seperti mencairnya es di kutub, perubahan iklim)

Alternatif solusi:
a.    Efisiensi penggunaan energi
b.    Pencarian sumber-sumber energi alternatif seperti energi nuklir
Hasil kesepakatan dunia internasional:
a.    Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC)
b.    Protokol Kyoto
c.    Asia-Pacific Partnership on Clean Development and Climate (APPCDC)
a.    Buku teks pelajaran Fisika
-


PUSTAKA
Mendikbud. (2014). Lampiran II Permendikbud No. 59 Tahun 2014 tentang Kurikulum SMA-MA. Jakarta: Kemendikbud.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar